Cara Pengobatan Ambeien

Cara Pengobatan AmbeienAmbeien adalah varises yang terjadi direktum bagian bawah atau anus. Ambeien internal berasal dari bagian atas sfingter anal internal. Kadang hemoroid cukup besar, sehingga menonjol keluar dari anus dan membesar (ambeien eksternal), mengontstriksi dan menyakitkan. Ambeien dapat muncul karena konstipasi yang dialami bertahun-tahun. Ambeien menyebabkan gejala nyeri dan pendarahan saar defekasi. Penatalaksanaan terdiri dari anjuran diet tinggi serat dan laksatif pembentuk massa feses. Ambeien dapat ditangani dengan memasukkan vena yang mengalami ambeien atau dapat diligasi atau dieksisi pada waktu hemoridektomi. Ambeien dapat mengalami rupture atau thrombus, yang segera mengharuskan pelaksanaan bedah sebagai salah satu cara pengobatan ambeien.

 Cara Pengobatan Ambeien

Cara Pengobatan Ambeien

Salah satu cara pengobatan ambeien adalah dengan skleroterapi endoskopi hemoroid. Sklerotopi endoskopi hemorid adalah metode pengobatan yang menggunakan alat endoskopi dengan cara menyuntikkan obat sklerosan ke hemoroid. Skleroterapi hemoroid merupakan prosedur tindakan terapeutik untuk mengibati ambeien dengan cara menyuntikkan obat sklerosan dengan bantuan anoskopi atau endoskopi dan jarum suntik. Tujuan dari metode pengobatan ini adalah untuk mengeradikasi ambeien. Indikasinya adalah hemoroid grade II-III. Kontraindikasinya adalah :

  1. Adanya infeksi akut atau abses pada hemoroid
  2. Keadaan umum klien buruk
  3. Klien sulit diajak bekerja sama atau kurang kooperatif.

Persiapan klien pada cara pengobatan ambeien metode skleroterapi endoskopi hemoroid ini adalah :

  1. Beri penjelasan mengenai tujuan dan manfaat tindakan
  2. Informed consent sudah ditandatangani
  3. Klien sudah dilakukan pembersihan usus dengan klisma rendah

Persiapan alat dalam metode ini adalah :

  1. Skop kolonoskopi atau dengan anoskopi lengkap dengan lampunya
  2. Spuit 1 cc sebanyak 4 buah dan spuit 10 cc sebanyak 1 buah.

Persiapan obat adalah Aethoxysklerol 3%. Pelaksanaan skleroterapi endoskopi hemoroid :

  1. Siapkan obat Aethoxysklerol 3% yang dilarutkan dengan alkohol 96% dan Salin/PZ 0.9% dengan perbandingan 1:1:1 (sama seperti persiapan pada STE)
  2. Obat disipakan dalam spuit 10 cc
  3. Dokter dengan asisten perawat memasang anoskopi atau kolonoskopi.
  4. Desinfeksi dengan betadin
  5. Obat dimasukkan dengan intravarises melalui injector
  6. Setelah selesai, pasang tampon betadin sampai dengan ½-1 jam
  7. Rapikan kembali alat-alat dank lien
  8. Dokumentasikan tindakan perawat pada catatan perawatan dalam form rekam medic.

Selain dengan cara diatas, cara pengobatan ambeien tanpa operasi salah satunya bisa dilakukan dengan cara pencegahan atau tindakan preventif :

  1. Usahakan untuk buang air besar sehari dalam sekali dengan teratur.
  2. Sebaiknya saat sedang buang air besar jangan mengejan terlalu kuat.
  3. Hindarilah penggunaan obat pencahar yang tidak sesuai dengan resep dokter.
  4. Jangan terlalu lama di dalam toilet.
  5. Mengonsumsi air putih yang banyak sebanyak 2 liter dalam sehari.
  6. Menghindari jenis makanan yang bisa menyebabkan terjadinya iritasi lokal pada ambeien seperti makanan yang pedas, makanan berlemak, dan alkohol atau makanan yang merangsang sistem pencernaan seperti kopi dan teh.
  7. Makanlah makanan yang seimbang, makanan yang kaya akan serat, makanan seperti sayuran dan buah-buahan sehingga bisa membantu mencegah dan mengurangi potensi terjadinya konstipasi atau sembelit.
  8. Melakukan olahraga dengan teratur misalnya adalah melakukan senam, berjalan atau juga berenang. Hindarilah melakukan olahraga seperti berkuda dan juga bersepeda atau olahraga angkat beban.
  9. Jangan mengangkat beban yang terlalu berat.

Jika tindakan preventif untuk cara pengobatan ambeien tanpa operasi ini sudah dilakukan namun tidak mengurangi gejala ambeien yang muncul, maka cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan obat-obatan.

Cara pengobatan ambeien dengan obat-obatan biasanya diberikan untuk mereka yang mengalami ambeien atau wasir dengan derajat 1-2 yang meliputi seperti :

  1. Warm tub baths atau merendam bokong selama beberapa kali dalam sehari, misalnya adalah sekitar 10 menit dengan menggunakan cairan PK untuk membantu menghilangkan serta mengurangi gejala gatal, pendarahan dan juga nyeri.
  2. Memberikan jenis obat-obatan tertentu yang bertujuan utnuk melunakkan kotoran dan untuk membantu memperbaiki pola dari buang air besar.
  3. Mengonsumsi suplemen yang mengandung kandungan bannyak serat untuk membantu memperbaiki pola dari buang air besar.
  4. Obat-obatan luar yang digunakan dengan cara dioleskan atau penggunaan obat topikal wasir yang kandungannya adalah anastesi lokal atau steroid yang bisa dipakai.
  5. Penggunaan obat ambeien yang bisa membantu menghilangkan pendarahan yang terjadi.

Sedangkan cara pengobatan tradisional untuk ambeien dapat dilakukan dengan mengonsumsi buah naans 4-5 kali setiap hari karena bromelinnya dapat menghentikan pendarahan dan serat yang dikandung dapat memperlanar buang air besar. Pengobatan herbal/ramuan lain yang bisa mengatasi penyakit wasir atau ambeien adalah Billberry bisa membantu mengurangi wasir atau ambeien dan varises, chamomile menengangkan, mengurangi rasa panas, mengurangi wasir dan varises.

 Cara Pengobatan Ambeien


=====================================

>>> Obat Ambeien (Wasir) Untuk Mengobati Ambeien, Mengurangi Pembengkakan dan Menghilangkan Rasa Nyeri Akibat Ambeien
=====================================


This entry was posted in Pengobatan Ambeien and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *